Wednesday, June 20, 2012

Siswa SD: Punya Handphone Asyik Bisa Dengar Lagu Cherrybelle

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Erin, siswa kelas 3 SD menuturkan ia sudah diberikan ponsel pintar  BlackbBerry (BB) oleh ibunya. Menurut gadis cilik ini,  sang ibu Gladys Runtukahu selalu menanyakan aktivitas kesehariannya lewat HP.
"Di BB selalu masuk pesan mama tanyain Erin di mana. Kalau mama sudah tanya begitu, Erin harus jawab supaya mama tidak kuatir," katanya kepada Tribun Manado, Minggu (10/6/2012).
Ditambahkan Erin, mamanya selalu berpesan bahwa penggunaan BB bukan untuk pamer. "Mama bilang jangan dipamerkan kepada teman-teman sekolah atau lingkungan tempat saya bergaul karena gunanya hanya komunikasi," kata Erin.
Erin menuturkan, ibunya juga selalu membaca pesan internal di BB.
"Kalau status di BB saya saya sedih, mama langsung tanya sedihnya kenapa atau ada kegiatan kelompok belajar, mama selalu tanya mau kemana," ujarnya.
Cecilia Palilingan, siswa kelas 4 SD mengaku senang mendapatkan handphone dari orangtuanya. Selain bisa berkomunikasi, ponsel tersebut biasa dia gunakan untuk bermain game.
"Selain bermain game,  Ceci juga bisa dengar lagu. Banyak lagu-lagu Cherrybelle yang bisa Ceci dapat dari teman-teman," katanya.
Menurut Cecilia, kegiatannya saban hari tidak luput dari pengawasan orangtua. Kalau ia sudah lama mengunjungi rumah teman (tetangga), orangtuanya langsung menelepon. 
Menggunakan HP sejak kelas tiga SD, membuat Bryan Rompis (9), sangat paham dengan seluk beluk alat komunikasi tersebut. Dia bahkan lebih pintar menggunakan HP daripada ayahnya.
"Saya sering mengajari ayah," kata Bryan. Pengetahuan itu dapatkan dari seringnya mengoleksi berbagai macam HP. Hingga kini, ia telah tiga empat kali ganti HP. Yang terakhir adalah BlackBerry.
"Saya terbiasa menggunakan handphone," ujar murid kelas 5 SD ini.  
Dari sekian banyak fitur yang tersedia di HP, yang paling disukai Bryan adalah mendengar musik kemudian gunakan kamera untuk foto.
"Yang pasti bisa dengar musik dan  foto- foto," ungkapnya. Berinternet lewat HP, ia mengaku tidak terlalu suka. Meski begitu, ia tidak buta akan hal itu.