Wednesday, June 20, 2012

Cherrybelle Nyontek, Ahh Itu Biasa?

Cherrybelle Nyontek, Ahh  Itu Biasa?


Jakarta, KasaKusuK.com
Musik Indonesia ters mencari bentuk. Termasuk para boys band dan girls band. Berkiblat kepada Korea Selatan, tidak jarang kondisi ini membuat mereka terinspirasi dari gaya, koreografi, hingga lagu. Selama ini contek menyontek lagu, sudah sering menjadi bahan perbincangan para kritikus musik. d'Masiv pernah jadi bulan-bulanan media. ketika lagunya dibandingkan dengan musisi dari Inggris dan Amerika Serikat. Ryan, sang vokalis membantah nyontek, menurutnya itu hanya terinspirasi.
Dan kini heboh Cherrybelle. Girls band yang sedang naik daun ini mendapatkan teguran keras dari para personel SNSD yang menyayangkan aksi plagiat itu, dan bahkan membuat girls band nomor satu di negeri ginseng ini, mencoret Indonesia dalam kunjungan tur dunia mereka. Dan seolah tidak kapok, berbagai forum di dunia maya kembali membicarakan lagu baru Cherrybelle yang kini sudah beranggotakan sembilan orang lagi, setelah Kezia dan Stefani terpilih dalam ajang reality show mencari pengganti dua personel yang didepak karena sudah dewasa, yakni Brand New Day.
Menurut mereka yang sudah mendengar lagu itu, singel baru Cherrybelle sangat mirip atau bahkan dikatakan sangat mendekati bebunyian milik pop star Jepang Ken Hirai yang berjudul Pop Star. Sangat disayangkan bila lagu yang mereka lantunkan adalah contekan. Mungkin zona aman, diambil SMASH ketika beberapa lagunya dinilai plagiat dari boys band Korea Selatan. Bisma cs melantunkan lagu hits lama milik Trio Libels. Seharusnya hal yang sama dilakukan Cherrybelle untuk sementara waktu. Toh begitu banyak lagu Indonesia yang baik dan bagus untuk diaransemen kembali.
memang tidak selamanya bangsa Indonesia dituding plagiat. Lagu Samson Naluri Lelaki dijiplak habis oleh komposer India untuk soundtrack sebuah film Hai Junoon-New York. Dan penjiplakan ini juga membuat heboh para pelaku industri musik India. Dan tentu saja lagu Peter Pan Tak Bisakah yang menjadi Kya Mujhe Pyaar Hai, dan Di Belakangku yang di Indianya menjadi Aao Milo Chale. Musisi India yang sangat terobsesi dengan lagu Peter Pan itu adalah Pritam. Nah seharusnya Cherrybelle tidak melakukan hal ini, apalagi mereka menjadi idola jutaan penggila remaja Indonesia. Apa jadinya jika bangsa ini menjadi bangsa pencontek? (YUG)